Narasi Digital yang Menarik dan Mengedukasi Sukseskan Program 3 Juta Rumah
- Dok. Istimewa
VIVA Jakarta – Pemerintah mendorong agar informasi program strategis nasional, termasuk 3 Juta Rumah untuk Rakyat, dapat dikemas dengan cara yang lebih kreatif agar benar-benar menjangkau masyarakat luas, khususnya generasi muda.
Direktur Informasi Publik Ditjen Komunikasi Publik dan Media (KPM) Kemkomdigi, Nursodik Gunardjo, menegaskan bahwa tantangan terbesar bukan hanya memberi informasi, melainkan bagaimana menyampaikannya secara menarik.
“Informasi itu penting, tapi bagaimana cara menyampaikannya dengan menarik? Itulah tantangan kita bersama,” ujar Nursodik dalam acara Indonesia.go.id Menyapa bertema 3 Juta Rumah: Karpet Merah untuk Rakyat di Pekanbaru, Kamis, 25 September 2025.
Ia mengingatkan, ruang digital tidak boleh dibiarkan kosong atau hanya diisi informasi negatif. Karena itu, peran generasi muda sangat penting dalam menciptakan konten kreatif yang membangun.
“Kalau orang baik diam, maka informasi negatiflah yang akan menguasai. Karena itu, mari kita isi ruang publik dengan konten positif yang membawa kemaslahatan bagi bangsa,” tegasnya.
Program 3 Juta Rumah sendiri merupakan prioritas Presiden Prabowo Subianto untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Menurut Nursodik, rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tapi juga fondasi keluarga, modal sosial, hingga pendorong pertumbuhan ekonomi.
“Pembangunan rumah rakyat akan menciptakan multiplier effect besar, mulai dari penyerapan tenaga kerja, peningkatan sektor konstruksi, distribusi material bangunan, hingga penguatan ketahanan sosial,” ucapnya.