Gen Z dan Milenial Dominasi Pencari Rumah, LPKR Siap Jawab Tren

Lippo Karawaci siap jawab tren pencari rumah
Sumber :
  • Dok. Lippo

VIVA Jakarta – Preferensi masyarakat Indonesia terhadap hunian masih belum bergeser. Berdasarkan laporan Rumah123, rumah tapak tetap mendominasi sebagai pilihan utama dengan porsi 62,4 persen sepanjang semester pertama 2025. Sementara itu, apartemen mencatatkan 11,6 persen, tanah 8,6 persen, ruko 8,1 persen, dan gudang 4,9 persen.

LPCK Tegaskan Komitmen Keberlanjutan Melalui Inisiatif Sosial dan Ekonomi Lokal

Dari sisi lokasi, Tangerang muncul sebagai daerah dengan permintaan tertinggi, menyumbang 16,8 persen dari total permintaan nasional. Posisi berikutnya diisi oleh Jakarta Selatan dengan 11,4 persen dan Jakarta Barat sebesar 9,8 persen.

Head of Research Rumah123, Marisa Jaya, menjelaskan bahwa berdasarkan usia, kelompok 45–54 tahun menjadi kontributor terbesar dengan 26,5 persen. Namun menariknya, hampir separuh pengguna yang mencari hunian datang dari rentang usia 18–34 tahun. 

Simak! Begini Strategi LPKR Kurangi Emisi dan Polusi di Seluruh Lini Bisnis

"Meskipun daya beli Gen Z dan Milenial belum sekuat kelompok senior, namun memiliki ketertarikan tinggi terhadap properti. Gen Z dan Milenial menyimpan potensi besar sebagai pasar jangka panjang," katanya dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa, 23 September 2025.

Menanggapi temuan ini, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), menegaskan komitmennya untuk menyediakan pilihan hunian yang relevan dengan berbagai segmen masyarakat. 

LPKR Genjot Pengembangan SDM Lewat Transformasi Digital dan Pembelajaran Berkelanjutan

Mulai dari keluarga muda hingga kelas menengah ke atas, LPKR menghadirkan beragam proyek seperti Cendana Suites, XYZ Series, Q Livin, Blackslate Homes, The Hive Series, Belmont Homes, Bentley Homes, hingga The Allegra di kawasan unggulan Park Serpong, Lippo Karawaci, Lippo Cikarang Cosmopolis, dan Tanjung Bunga Makassar.

Chief Executive Officer (CEO) Grup Lippo Indonesia, John Riady, menambahkan bahwa meski ekonomi global penuh tantangan, kinerja LPKR tetap solid. Hingga paruh pertama 2025, perusahaan telah meraih 40 persen dari target pra penjualan yang sebesar Rp 6,25 triliun. 

Halaman Selanjutnya
img_title